Wednesday 30 October 2013

Saya Adalah Seorang Blogger


Ini postingan tentang diri saya. Tentang bagaimana saya memilih salah satu jalan hidup saya, menjadi seorang Blogger. Blogger adalah orang yang berkecimpung dalam suatu blog, entah penulis atau pemilik suatu blog. Pada tau blog kan ya? Menurut wikipedia blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai sebuah tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Biasanya isi blog dari setiap orang berbeda-beda temanya, ada yang lucu, ada yang kritis, ada juga yang jualan di blog. Tergantung pemiliknya sih. Kalo saya sih tidak tau jenis blog saya ini seperti apa. Saya hanya ingin menjadi diri saya di blog ini. Yang terpenting saya bisa mengeluarkan isi pikiran saya di blog ini.

Saya pertama kali menulis blog pada pertengahan tahun 2011. Waktu itu saya dapat tugas kampus untuk membuat suatu blog. Awalnya sih biasa aja, tapi pas mulai dijalanin ternyata enak juga. Dengan punya blog, saya bisa mengembangkan kemampuan menulis saya, saya juga selalu punya tempat menuangkan pikiran saya secara lebih bebas, dan yang paling utama saya punya predikat baru; Blogger.
Saya blogger, kamu?
Akhirnya setelah saya melupakan password blog saya yang lama, pada november 2011 saya memutuskan untuk membuat satu blog baru dimana saya bebas menjadi diri saya sendiri di dalamnya. Setelah banyak membaca mengenai blog akhirnya alamat ekapristian.blogspot.com tercipta. Alamat itu adalah alamat awal sebelum saya memutuskan untuk mengganti alamatnya menjadi gotekisme.blogspot.com.

Awal-awal masa merintis karir sebagai blogger itu memang cukup berat. Ada begitu banyak yang mesti dipelajari. Bagaimana mengatur tampilan blog, bagaimana promosi yang tepat agar tulisan kita menarik orang untuk membacanya, dan juga bagaimana gaya penulisan kita nanti saat menulis di blog. Jujur bagi saya pribadi soal tampilan dan promosi bukanlah hal yang terlalu berat karena ada begitu banyak tutorial yang mengajarkan tentang hal iu di google. Tapi soal bagaimana gaya penulisan, itu sangatlah sulit. Butuh waktu dan eksplorasi lebih dari si penulis agar dapat menemukan bagaimana gaya penulisan yang sesuai dan nyaman bagi dirinya. Intinya semakin banyak kamu menulis, semakin banyak pengalaman, semakin banyak juga ilmu baru yang akan kamu dapatkan. Gak percaya? Coba deh baca tulisan saya sejak pertama kali blog ini dibuat hingga sekarang. Pasti akan sangat terasa bagaimana perbedaan dari gaya menulis, tema, dan isi tulisan. Dulu sih sangat mencoba dan meniru gaya Raditya Dika. Kalo sekarang sudah punya gaya menulis sendiri. Menyuarakan isi pikiran, kritis, tidak terlalu serius, tapi selalu ada pesan-pesan yang terkandung di dalamnya. Iya, kayaknya sih gitu.

Entah diantara yang membaca ini ada yang sudah punya blog atau masih berencana membuat blog, saya punya beberapa saran kepada kalian semua. Mungkin kalo ada yang pengen nambahin bisa dimasukkin di kolom komentar ya.

1. Jadilah dirimu sendiri
Ini poin pertama dan cukup penting. Blog adalah kepunyaan pribadi, sudah seharusnya dia merupakan hasil tulisan orisinil dari pemiliknya kan? Kamu bisa saja terinspirasi dari penulis-penulis lainnya tapi itu bukan berarti kamu harus menjadi seperti mereka kan? Intinya, kamu adalah apa yang kamu tulis.

2. Teruslah menulis
Menulis postingan adalah salah satu hal yang hampir selalu dilakukan oleh setiap blogger. Dengan banyak menulis kamu akan semakin tahu bagaimana diri kamu yang sebenarnya. Memang sih itu tidak akan begitu kerasa setelah selesai ditulis, tapi coba deh dibaca tulisan-tulisan lama yang pernah kamu tulis, isinya pasti beda dan gaya menulisnya pun beda.

3. Perbanyak menjelajahi blog
Menjelajahi blog dapat membuat kita bisa mendapatkan inspirasi baru mengenai apa yang akan kita tuliskan. Dengan menjelajahi blog kita juga akan mendapat banyak ilmu baru dari si pemilik blog, sekecil apapun ilmu itu. Dari tulisan-tulisan orang kita juga bisa tahu sebenarnya dimana kelebihan dan kekurangan tulisan kita.

4. Bergabunglah dengan forum blogger
Bergabung dengan forum Blogger. Bergabung dengan suatu forum akan memberikan banyak keuntungan mulai dari meningkatnya jumlah pembaca blog kita, akan semakin banyak yang berkomentar sehingga kita tahu dimana kekurangan dan kelebihan kita, dan tentunya kita akan mendapatkan banyak teman baru. Saya sendiri memilih bergabung dengan Jamban Blogger. Keuntungannya tentunya sangat banyak. Selain keuntungan yang tadi sudah disebutkan di forum ini juga membagikan tips untuk para blogger, tema untuk membantu blogger agar tidak stuck, dan juga siap memberikan review terhadap blog kita.
Jamban Blogger
Oh iya, saya ingin mengucapkan selamat hari blogger nasional untuk semua teman-teman blogger dan orang yang sering membaca isi blog-blog kami. Harapannya sih semoga para blogger di Indonesia akan lebih baik dari sebelumnya, lebih kreatif, dan tentunya dapat memberikan hal-hal positif kepada para pembacanya.

Intinya sih tetaplah menulis, karena setiap orang dilahirkan sebagai penulis. Penulis jejak langkah kehidupan. Jika kelak nanti kamu meninggalkan dunia tanpa ada yang kamu tulis, maka anak cucu kita nanti tak akan pernah mengenal siapa kita. Dan saya telah memilih satu fase untuk menjadi penulis, penulis online.



Share:

10 comments:

  1. aku punya blog baru beberapa bulan yang lalu.. ampek sekarang masih belum bisa menulis panjang . paling mentok 500 kata..

    emh.. nulis panjang susah bnget....

    emh.. blognya keren :)

    ReplyDelete
  2. Makasih ci udah mampir, 500 kata itu lumayan loh. Terus nulis ya ci :)

    ReplyDelete
  3. mantap.aku juga blogger loh kak. Tapi, masih newbie :D

    ReplyDelete
  4. Hehehehehe blogger itu gampang2 susah ..... :)

    ReplyDelete
  5. Kemudian menulis dengan hati, Kak. Menulis untuk diri sendiri dulu. Kalau ada yang suka.. itu bonus :))

    ReplyDelete